Indonesia Juga Bakal Punya Vaksin Sendiri, Namanya Vaksin Merah Putih

Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di bandung.
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di Bandung, Selasa 11 agustus 2020) (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Terkini.id, Sinjai – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan Indonesia tak hanya bergantung pada pemenuhan vaksin dari Sinovac Biotech Ltd. saja untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di dalam negeri. Pengembangan vaksin di dalam negeri dan kerja sama dengan negara lain juga terus dilakukan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan pemerintah juga masih menunggu hasil vaksin yang saat ini tengah dikembangkan oleh sejumlah lembaga di dalam negeri yang dipimpin oleh Lembaga Eijkman.

“Sampai hari ini, apa yang kita butuhkan masih bisa dipenuhi oleh Sinovac. Yang perlu diingat kita juga lagi menunggu vaksin yang dibuat Lembaga Eijkman dan beberapa produk lainnya. Kalau bisa kita produksi vaksin tidak hanya dari satu produk. Jadi kita nggak tergantung kepada satu produk vaksin saja,” kata Arya di Jakarta, Rabu 12 agustus 2020.

“Pemerintah juga berupaya mengembangkan vaksin sendiri yang dikembangkan dari isolat virus Covid-19 yang ada di Indonesia,” tulis Jokowi di akun Instagram resminya, Rabu 12 agustus 2020.

Vaksin tersebut dinamai Merah Putih dan diharapkan selesai pada pertengahan 2021 mendatang.

Pemerintah pun membuka kerja sama dengan sejumlah lembaga terkemuka di dunia. “Kita tetap membuka diri untuk bekerja sama, misalnya dengan Sinovac, Uni Emirat Arab di G20, dan dengan Korea Selatan. Kerja sama ini demi secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi untuk seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pelayanan Kesehatan Door To Door Dan Home Care Salah Satu Bentuk Kepedulian Pemkab Sinjai

Istri Minta Naik Kuda 9 kali Setiap Hari, Suami Tidak Mampu Akhirnya Minta Cerai

Mahfud MD Ajak Masyarakat Kawal Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Viral Pasangan Kembar Duduk Bersamaan Di Pelaminan

6 Anjing Gila Yang Meresahkan Warga Kelurahan Lappa Berhasil Diburu Oleh Perbakin Sinjai

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar